let's share our experience .
Make Your Dreams Come True.."De Leidster van het verzet"

#PesonaPangkalpinang #Pesonapangkalpinang *Pesona kuliner “kisah klasik dari akhew”

Mitos kopi bangka Jok singeh ! "ngupi luk kelak kepunen" atau dalam bahasa indonesia "kesini bro ngopi dulu ntar pamali". Bagi sebagian masyarakat bangka khususnya pangkalpinang kopi memiliki mitos tersendiri yang mengakar kuat dan terpatri dalam alam bawah sadar. kepunan kopi adalah salah satu hal yang menakutkan. kepunan kopi layaknya sehitam iblis sepanas neraka semurni malaikat dan semanis cinta sebuah adagium yang tepat untuk melukiskan "kepunan" atau dengan kata lain jika tidak diindahkan masyarakat percaya sesuatu yang buruk "mungkin" terjadi "waullahualam bisawab" Kota dengan bentangan tanah seluas 118,40 KM² menjadi surga baru bagi penikmat cita rasa pahit bernama kopi.

Tidak terhitung berapa banyak gerai kopi di kota ini mulai dari gerai modern ala anak muda atau gerai kopi klasik yang berbalut kesederhanaan. sebagai penikmat kopi sejati setiap orang percaya bahwa perpaduan pahit dan manis adalah sebuah kenikmatan yang sulit untuk dilukiskan. Hampir seluruh masyarakat indonesia penikmat kopi. sejatinya kopi tetaplah kopi memiliki sisi pahit walaupun penuh dengan tumpahan gula yang larut bersamanya, ya segelas kopi tentunya punya banyak cerita dan meninggalkan memori indah. Sudah puluhan gerai kopi di kota ini aku singahi tidak terhitung berapa banyak gelas kopi yang sudah kuseruput menuju perut yang sudah mulai membuncit ini. Sampai pada ahkirnya kala langit pangkalpinang mulai meredup mendung pagi itu perlahan aku hentikan laju kendaraan disebuah gerai kecil sederhana di jatung kota bumi serumpun sebalai.

Awalnya sempat ragu untuk memesan secangkir kopi hangat di gerai ini maklum ekspektasi aku terlalu tinggi untuk secangkir kopi istimewa pagi itu. lantas aku pesanlah segelas teh hangat dengan campuran madu didalamnya hanya sekedar melepas waktu. Beberapa saat kemudian bau semerbak kopi mulai memenuhi udara dingin pagi itu. Siraman air hangat dari air yang di tanak dengan arang hitam menambah pekat aroma kopi. Seketika segelas kopi hitam lalu ku pesan pagi itu 3 menit kemudian kopi hitam dengan gelas kaca sederhana mulai ku seruput perlahan membasahi tengorokan lidah terkaku ketika pahit manis menari indah diujung lidah.
Di kedai lama bernuansa sederhana namun sarat makna segelas kopi hitam disajikan dengan penuh cita rasa klasik. Cara penyajian yang unik dan konsisten disetiap proses jelas menentukan rasa sejati ala "kingkong" yang tersohor sepenjuru pelangi khususnya pangkalpinang. Deretan kursi plastik diantara meja yang sudah mulai lapuk dimakan usia dengan dinding yang dipenuhi kalender caleg menjadi iconic kedai yang beralamatkan di kampung katak atau lebih tepatnya di depan Barata departemen store Pangkalpinang ini. Hanya ada kipas angin tua yang bergerak konstan di atas langit -langit kedai dengan view menghadap kejalan utama memperkuat suasan klasik tempat ini. Akhew pria paruh baya etnis tionghoa dengan rambut klimis tipis begitulah aku mengenal nama dan perawakannya. sehari-hari Akhew dibantu istri anak dan saudaranya hilir mudik mengantarkan segelas kopi ke pelanggan setianya.
Pelanggan yang ramai di waktu pagi kadang harus rela berdiri berdesakan menunggu kursi yang kosong. Suasana yang nyaman dan obrolan santai ala warung kopi membuat pelanggan betah berlama duduk di kedai sederhana ini Kedai yang sudah berdiri kira-kira tahun 1970-an ini ikut menjadi saksi perubahan kota pangkalpinang yang dinamis. Tidak terhitung berapa jumlah petinggi daerah yang sudah meyeruput kopi dikedai sederhana ini. Anda harus percaya bahwa siapa pun yang datang ke kedai kopi ini akan diperlakukan sama. Percayalah bahwa akhew tidak akan menyajikan kopi dengan gelas yang berbeda kecuali hanya akan ada gelas kaca biasa atau cangkir kecil bermotif bunga berwarna pink diatas meja. Yap tepat begitulah cara akhew memberikan pelayanan kepada siapa saja yang datang.

TİDAK ADA YANG İSTİMEWA Dİ KEDAİ AKHEW
Kopi pertama pagi ini begitu terasa pekat di lidah namun tetap aku seruput perlahan menuju perut yang sudah mulai membuncit bukan latte apalagi carramel atau espresso ciri khas coffe shop terkenal melainkan hanya kopi hitam biasa yang disajikan melalui sentuhan sederhana yang berbalut sedikit pengetahuan tentang kopi namun didasari pengalaman selama empat dasawarsa membuat kopi biasa ini menjadi lebih berasa istimewa.
Dikedai ini pula anda tidak akan menemukan barisan donuts red velvet cake atau brownies yang selalu dinikmati berasama kopi ala starbuck hanya ada kue risol, keroket, kue apem, kue getas, goreng pisang atau jenis jenis kue lokal yang masih tetap membumi. sekali lagi tidak ada yang istimewa ditempat ini. Kedai akhew juga menawarkan beberapa varian suguhan sajian namun tetap menawarkan ciri khas sederhana kopi susu, susu teh manis kopi shacet yang juga dapat disajikan dingin dengan sedikit tambahan es.
Jangan khawatir soal harga kedai kopi akhew tidak akan menguras kantong terlalu dalam. Secangkir kopi dibandrol antara Rp.4000-Rp.8.000 saja dan Rp. 1000 untuk sepotong kue. Berbeda dengan kedai kopi lainnya kopi akhew tidak melayanikupyiers selama 24jam jika anda ingin menikmati segelas suguhan kopi sederhana kedai ini buka antara pukul 5.30-19.00 setiap harinya. Konsistensi rasa pengalaman dan harga yang "ramah" dikantong menempatkan kedai akhew sebagai kedai yang paling ramai didatangi para kupiyers dari penjuru kota setiap harinya walaupun kini hampir disetiap sudut kota berdiri megah coffe shop moderen ala kekinian. Kedai kupi akhew tetap menjadi pilihan utama, kopi sempurna tidak lahir dari kedai istimewa hanya butuh konsistensi dan pegalaman untuk menghasilkan cita rasa kopi yang istimewa. Bagi traveler dan pencinta kopi rasanya belum ke pangkalpinang jika belum menyeruput kopi klasik di kedai akhew.

©Author Syafri Hariansah Publishing 2016
Phd student University of Ankara/ independent research/blogger
picture taking by : Roza Mustiana dan M. Fadhilah
artikel ini diikut sertakan dalam lomba menulis #pesonapangkalpinang #PesonaPangkalPinang
related link https://www.facebook.com/notes/syafri-hariansah/pesona-kuliner-kisak-klasik-dari-akhew/1209209309143125 
SYAFRI HARIANSAH SYAFRI HARIANSAH Author

3 komentar :

  1. Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT

    Over 160,000 men and women are utilizing a simple and secret "liquids hack" to lose 1-2 lbs each and every night as they sleep.

    It is simple and works every time.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Grab a clear glass and fill it up half the way

    2) Now use this awesome hack

    and become 1-2 lbs lighter the very next day!

    BalasHapus

Text Widget

Text widget

Assalamualaikum selamat datang di blog mungil ini. Semogga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

About Me

Foto Saya
PhD (cand) ankara üniversitesi I independent research | lecturer |Law - ‎Indonesian Election supervisory Board

Followers

Random Posts

Comments

Recent Posts

Live Traffic Feed

CURRENT TIME AND WEATHER ANKARA - TURKEY

My Social Media

Social Icons

Facebook  Twitter  Instagram Yahoo Linkedin

Ads

Popular Posts

Services

Recent Comments

More on this category »

Ads 300 x 250

Ankara Üniversitesi Gölbaşı Yerleşkesi Bahçelievler Mahallesi 319. Sokak Kaymakamlık Arkası 06830 Gölbaşı ANKARA

Recent Comments

About

Pages - Menu

Popular Posts