let's share our experience .
Make Your Dreams Come True.."De Leidster van het verzet"

ASYMMETRY DI NEGARA FEDERASI, FEDERASI DAN NEGARA KESATUAN


JHON MCGARY

Ilmuan politik pertama yang secara resmi membahas asimetri dalam konteks federasi amerika adalah Charles tarlton dalam jurnal politik (tarlton, 1965). Tartlon menunjukan bahwa studi klasik federasi, oleh K.C Wheare dkk, telah memfokuskan hubungan antara pusat federal dan daerah serta berasumsi bahwa wilayah tersebut adalah sama hubungannya dengan pusat maupun yang lain. Selain ity mereka juga beasumsi federasi terdiri atas daerah yang sama. Tartlon menunjukan fakta bahwa daerah federasi telah banyak merubah luas, mencakup ukuran, populasi, bobot dalam institusi federasi, bagian dari alam dan yang berhubungan dengan penelitian, dan budaya dan mereka sangat menyarankan ketidaksamaan atau asimetri dalam hubungannya dengan yang lain dan system seluruhnya. Dalam asimetri, tartlon berpendapat memberikan kenaikan persoalan yang tidak dapat diselesaikan alasannya dari simetri dalam studi klasik.

Hari ini, diskusi tentang asimetri dan federasi tidak mengikuti tarlton. Dalam asimetri federasi sekarang biasanya semua bagian dipahami sebagai garansi konstitusi autonomy. Tapi salah satu bagian yang berbeda, biasanya mempertinggi, level autonomy daripada beristirahat.

Asimetri digunakan untuk mendeskripsikan kasus dimana salah satu bagian adalah daerah yang memiliki autonomi, tetapi sisanya tidak. Otonomi adalah jaminan konstitusi, dan tidak dapat dibatalkan oleh Negara pusat yang berwenang, yang berfederasi. Jika pusat membaatalkan otnomi, maka ada asemetri desentralisasi dalam Negara kesatuan.

Institusi asimetrikal menyusun beberapa alasan yang berbeda. Cina Negara kesatuan,mengijinkan hongkong untuk setuju lebih dengan otonomi dariupada menikmati keistirahatan Negara karena sangat mudah untuk reabsorpsi dan membawa keuntungan ekonomi. Dalam banyak kasus, bagaimanapun, asimetri adalah respon dari adanya perbedaan pluri-nasional. Salah satu gagasan respon dari demand for a distinctive otonomi dari mobilisasi nasional (disini sebagai sebagian Negara atau negara minoritas), atau ketika anggota independent yang didanai oleh pemerintah istimewa dalam mengembalikan keutuhan Negara.contoh dari naskah penyusunan asimetrical dari inggris, dimana skotlandia, wales dan irlandia utara menikmati perbedaan pemerintahan masing-masing tetapi inggris bekas jajahan wetminster. Untuk Indonesia yang telah memberikan aceh otonomi yang luas daripada berdiam diri, dan Malaysia dan india dimana beberapa daerah federal mempunyai autonomy juga.

Dalam tulisan ini, saya menawarkan dukungan untuk otonomi asimetri dalam Negara pokok pluri-nasional untuk menunjukan batasan dari otonomi simetri. Diakhir telah dicatat otonomi asimetri   bukan tanpa kesulitan dan disana ada batasan bagaimana Negara meneruskan sususan asimetri dengan sisa , tetapi bahaya dari asimetri tidak melebihlebihkan.


Keterbatasan otonomi simetri dalam Negara pluri nasional
Pendukung akomodasii nasional seringkali berpendapat sentralisasi dan untuk otonomi, bagaimanapun, kebanyakan dari mereka tidak membuat perbedaan antara asimetri dan otonomi simetri. Mereka gagal melihat masalah sampai akhir, yang dapat dibantah oleh kebanyakan otonomi, kurang lebih sampai federasi. Disini, saya menguji 4 type  keadaan dari otonomi simetri dalam Negara pluri-nasional untuk menunjukan kenapa ini selalu menjadi masalah.
(i) Otonomi simetri berdasarkan mayoritas-dominasi daerah
Negara mungkin mengadakan tapi  menggambarkan atau tidak, batasan-batasan internal yang serupa dengan staatsvolk atau Negara mayoritas, dan mayoritas di beberapa daerah. Batasan internal dalam federasi mempunyai tujuan menggambarkan tujuan dari pengaruh, khususnya untuk banyak kasus di united states. US federasi sangat berhati-hati dalam menghindari pemberian status Negara bagian untuk daerah barat dan barat-daya, sampai mereka mengisi penghuni tetap oleh White Anglo-Saxon Protestant (WASP) atau batasan dalam kecurangan yang dibuat oleh mayoritas WASP. Contoh lain federasi amerika latin di meksiko, argentina, brazil dan Venezuela dan Negara ferdari jerman, Austria, Australia dan uni emirate arab (McGarry 7 o leary, 2005; o leary 2001). maksud dari pembuatan batasan-batasan di pembangunan nasional, penyatuan nasionalitas menjadi ada dan telah menjadi identitas nasional. 

Dari pandangan nasionalis, otonomi adalah perbedaan kecil dari pusat kesatuan Negara. Tentu saja, sesuatu yang salah, minoritas mungkin menjadi penunjuk dari fakta-fakta penganut daerah regional. Yang terjadi di afrika-amerika tentang konfederasi terdahulu di united state dan apa yang terjadi berasal dari minoritas variasi di brazil. Tentu saja banyak pendukung dari otonomi nasiolal mengerti masalah seperti simetri tetapi tidak dapat disamakan dengan 3 varietas selanjutnya.

(ii) Otonomi simetri berdasarkan partisipasi daerah minoritas
Negara mungkin menggambarkan batasan internal yang serupa dalam nasionalitas dan pembagian tanah air diantara beberapa daerah otonomi simetri, anggota nasionalis mungkin mempunyai status mayoritas dengan beberapa alasan. Perencanaan Institusi telah menjadi penyokong oleh “pembangun-nasional”, biasanya model US tersebut menggambarkan demograpi atau politik tidak praktis dan lain-lain. Ketika tidak ada staatsvolk, “pembangun-nasional” di Nigeria bereaksi pada perang saudara Biafra yang diikuti kebanyakan daerah Ibo, yotuba dan hanusa-fulani kedalam lipatan daerah kecil. Beberapa dari mereka mendominasi group dan beberapa didominasi minoritas kecil atau tidak oleh siapapun. Setelah persetujuan indo-sri lanka 1987.Colombo mengusulkan untuk menyerahkan kekuasaan kedalam yang dapat membuat keretakan Sinhala dan tamil kedalam regional multiple. 

Baru baru ini, beberapa maksud yang menguraikan pendiri-nasional di Iraq merekomendasi federasi berdasarkan governorates Iraq ke 18. kebijakan Kepala  dari pandangannya membagi komunitas Kurdish, dan Suni dan arab siah kedalam beberapa region (Makiya,2002; wimmer, 2003;dawisha 7 dewisha, 2003). Susunan serupa, pendukung berharapa, dapat membuka keluar divisi intra-ethnic, memajukan aliansi inter-ethnic, dan memfasilitasi konstruksi identitas dasar dalam suatu Negara. Bentuk dari federasi pembangunan nasional yang berhubungan dengan ide Donald Horowitz, yang mendeskripsikan “centripetal” logic dan secara teratur dan kuat. Disebutkan Nigeria sebagai contoh model dari tempat lainnya. Anehnya hanya menerima beberapa dukungan dari kepala teori konsosional, Arend Lijhpart. Ketika berdiskusi anatomi territorial, yang bagian dari pandangan konsosional, lijhphart menulis “segmen” yang diberikan lebih dari satu unit federasi, terutama sekali jika mereka tinggal diarea atau bukan area yang berseblahan (Lijhpart, 1979). Tetap dengan pola di swiss, hanya satu dari 4 klasik  konsosional  demokrasi untuk praktis otonomi  territorial dan dimana francis dan komunitas bahasa jerman masing-masing beberapa unit federal.

Banyak kasus dimana minoritas  senang dengan rencana serupa, bagaimanapun nasionalitas, telah memobilis qua-nasional, umumnya menghindari ide serupa pemisah antara otonomi. Particularly dimana mereka telah menikmati otonomi dengan sepenuhnya. Hal serupa lainnya dinding pemisah tak terkecuali memerlukan paksaan. Federasi Nigeria memiliki batasan-batasan menjatuhkan dictator militer dan 18 pemerintahan federasi Iraq telah mengharuskan pembebanan oleh koalisi pemimpin US (tulisan, mc garry, 2005;mcgarry, 2007).

Dari prespektif mobilisasi otonomi, kesulitan kepala dengan satu dari dua tipe otonomi simetris dalam kondisi batasan iinternal dan pandangan mononasional, layaknya desain  simetri. Menyangkal yang tadi nasional yang tak bernegara memiliki banyak mayoritas pemerintahan sendiri dimanapun, di 2 type selanjutnya, simetri dibandingkan dengan batasan batasan masalah internal.

(iii) Otonomi simetris berdasarkan nasionalisme dan daerah staatsvolk
Tiga type keadaan keterlibatan otonomi simetri paling sedikit nasionalitasnya, dalam susunan, biasanya federasi, yang mana staatsvolk membagi menjadi beberapa daerah. Kira kira situasi di kanada, rusia dan spanyol, meskipun banyak pendapat tentang apa atau tidak tanah air sepenuhnya yang masing masing nasionalisme mencakup dengan pemerintahan area sendiri.pastinya mengusulkan keadaan yang lain, mencakup United Kingdong, dimana terlibat divisi dari daerah inggris.

Simetri mungkin dapat menyokong nefara dan staatsvolk dalam keadaan serta alasannya. Asimetri menyatakan akan mempertinggi status dari dasar nasionalitas daerah dan untuk itu memberi pesan untuk daerah lainnya. Termasuk staatsvolk mempunyai 2-klass status. Politik regional dari federasi berbeda kemungkinan akan mengeluh dengan ini. Di kanada sejak akhir 1980 sampai 1990, beberapa provinsi ingris-canada menggunakan proses amandement konstitusi untuk menolong mencegah Quebec yang diberikan dari banyak provinsi dan pengakuan special konstitusi oleh social. Mereka menuntut persamaan provinsi. Dinamika seperti ini membantu untuk menjelaskan bagaimana banyak federasi yang simetris, dan mengapa banta contok dari kejadian asimetris di Negara kesatuan, dimana pusat autoritas dapat bertindak unilateral tanpa persetujuan dari autoritas regional.

Ketakutan asimetri, terutama ketika pengakuan tegas dari kepala nasiolnalisme, ditandai ketetapan dari tempat terpisah dan kemungkinan besar untuk secessionism. Simetri dari perbedaannya, keadaan keterlibatan pemerintahan untuk nasionalisme dalam nasional dapat mempertahankan “territorial” atau “administrasi” ,  kebutuhan menjadi alasan efisien atau demokrasi dan konsistensi dengan konsep homogeny Negara kesatuan.

Pendapat ini membantu untuk menjelaskan kenapa beberapa Negara, menekankan akomodasi nasionalis oleh persetujuan otonomi oleh tanah air. Menggunakan akomodasi simetris atau territorial Negara kesatuan.  Papua new geinea merespon tuntutan bouganvilles untuk otonomi 1976 oleh implementasi umum atau desentralisasi semua diseluruh Negara.akibat dari dictator franco, autoritas spanyol mengabulkan otonomi sejarah nasionalis catalonia, Negara basque dan Galicia, tetapi menyetujui semua region di spanyol mencakup bebrapa mayoritas Castilian, untuk mencapai level serupa dari pemerintahan. Sejak 1980 madrid mengadopsi strategy twin-track  yang membatasi kekuatan dari (sejarah nasional) … yang member harapan besar otonomi di region yang berbeda (Keating, 2001, p.117) .pruduksi kebijakan harmonisasi yang menggambarkan kritik café para todosm (kopi untuk semua). Di United Kingdom, beberapa peralihan menakutkan Wales dan skotlandia member konsekuensi centrifugal, dirokemendasi dari peralihan dari sejarah nasional oleh peralihan regional inggris (Peacock dan Crowtger-Hunt, 1973). Di kanada, pemerintah federal telah memberikan reaksi dari permintaan Quebee dari beberapa otonomi  yang diperpanjang untuk semua provinsi. 

Dalam garis dengan persamaan tiap provinsi. Kegagalan Meech Lake Accord dari 1987-1990, pada umumnya kegemboran dari respon dibutuhkan fakta Queebee, sebagian besar pergerakan dari desentralisaso simetris. Semua yang telah diberikan Quebee, mencakup transfer dari kekuatan federal, yang telah memperluas semua provinsi, kecuali quebee telah mengakui konstitusi “distinct society” (Milne, 1991, p 296: Cairns,199,p,79) .

(iv) Otonomi simetris berdasarkan kebangsaan
Keempat dan terakhir dari time otonomi simetris adalah berdasarkan kebangsaan.  Ini adalah federasi komunis di uni soviet, Yugoslavia dan cekoslovakia, dalam teori jika tidak terbiasa (Connor, 1984) ini hanya sebuah teori, tidak kurang karena federasi komunis, faktanya adalah uni soviet dan cekoslovakia dikenyataannya dengan ketat pusatnya dictator Marxist, tetapi karena beberapa kebangsaan, seperti Kossovars, Chechens dan Magyars di cekoslovakia, salah satu otonomi atau inferior otonomi, saat yang lain mendistribusi diantara perbedaan unit federal, bagian dari upaya Negara untuk mengontrol ketahanan.  Federasi multi national salah satu yang terkadang mencari nasionalis karena mereka menekankan persamaan hak kebangsaan. Di kanada, nasionalis Quebee dan inggris-canada, turki-cyprus, ketika mereka tidak memilih untuk memisaahkan diri, meminta dengan tegas :bi-communal bi-zonal federasi” di orang-orang yunani cuprus dan partner.

Hal itu nampaknya pantas di tata, bagaimanapun perjalanannya sangat sulit, memberikan banyak Negara Staatsvilk dan satu dari banyak Negara kecil, ini tidak sulit untuk mempertimbangkan mencegah terlebih dahulu susunan simetris dari tanah air yang konstitusi kesamaan formal  dengan “minority” dan “minorities” . berpikir dari prospek dari kesetujuan prancis atas federasi diadik di croasia, Denmark dilakukan juga di kepulauan Faroe atau persetujuan maldova untuk estabilisasi federasi treadik mewakili simetris yang gagal dalam tes instutisional, tidak ada kasus moral sseperti ini.

Objek asimetri
Dua objek asimetri otonomi. Pertama fakta centrifugal. Asimetri mengatakan kemungkinan kekuatan  kekuatan pemisahan karena sugesti dari pemerintahan regional adalah responsibilitas special dari orang-orang, salah satu tidak membagi pemerintahan regional lainnya, dan pusat dari Negara atau pemerintah federal adalah sedikit respon dari orang regional yang bertempattinggal di Negara tersebut. Canadian Prime Minister Peerre Truedeat mengklaim perhatian tentang pembeda Quebee dari provinsi lain kanada, hal lainya memberikan level tinggi otonomi atau pengakuan konstitusi “distinct society”.

Yang kedua keadaan objek dari asimetri adalah masalah demokrasi akuntabilitas. Dibangun ketika representative dari otonomi asimetri dalam keadaan legislative federasi atau Negara kesatuan menyediakan suara untuk tidak diperhatikan didaerah, legislator lainya tidak bicara dalam hal serupa dari bagian luar suatu Negara akan otonomi asimetris.

Akhirnya, pertanyaan tentang eksekutif komposisi Negara. Memperpanjang “masuk dan keluar: prinsip suatu Negara akan sugesti eksekutif, dalam parlemen system , angota dalam legislative dari otonomi asimetri region hanya dapat diberikan respon mengenai keadaan yang didapat.

Kesimpulan
William s livingstone, pernah menulis lembaga federal sesuai untuk masyarakat federal, yakni federasi, federasi diperlukan bila negara memiliki bagian (negara bagian), yang terkonsentrasi di wilayah regional (pusat), dan poltik memobilisasi masyarakat (livingstone,1965)
Prespektif ini lebih menarik daripada charles tarlton yang terlau di pengaruhi oleh orang-orang kulit putih (orang-orang yang berasal dari selatan) yang telah menyalahgunakan minorotas (orang-orang kulit hitam), mereka berpikir bahwa negara yang heterogen harus diatur oleh sistem yang terpusat (tarlton,1965, hal 874)

Pola keberagaman, bagaimanapun, bahkan lebih komleks daripada pemikiran livingstone secara tersirat.  Sebagian besar negara terdiri tidak hanya terdiri dari masyarakat federal saja, berbagai komunitas yang berkeinginan untuk melakukan pemekaran (otonomi) namum masyarakat yang mencari berbagai tingkat otonomi seringkali (mungkin) sangat puas dengan negara yang tersentralisasi (terpusat),

Lebih dari satu negara yang mencari perbedaan desentralisai dalam keadaan ini, pengaturan di dasarkan pada asimetri, walaupun bukan tanpa kesuliran mereka telah di tandai keuntungan atas satu ukuran yang cocok untuk semua pendekatan terkait dengan simetri



SYAFRI HARIANSAH SYAFRI HARIANSAH Author

1 komentar :

  1. Did you realize there's a 12 word phrase you can say to your crush... that will trigger intense feelings of love and impulsive appeal for you deep within his chest?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, please and look after you with his entire heart...

    12 Words That Trigger A Man's Desire Instinct

    This impulse is so built-in to a man's brain that it will drive him to try better than before to build your relationship stronger.

    Matter of fact, triggering this mighty impulse is so mandatory to achieving the best possible relationship with your man that once you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll instantly find him expose his heart and soul to you in a way he haven't expressed before and he will see you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly understood him.

    BalasHapus

Text Widget

Text widget

Assalamualaikum selamat datang di blog mungil ini. Semogga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

About Me

Foto Saya
PhD (cand) ankara üniversitesi I independent research | lecturer |Law - ‎Indonesian Election supervisory Board

Followers

Random Posts

Comments

Recent Posts

Live Traffic Feed

CURRENT TIME AND WEATHER ANKARA - TURKEY

My Social Media

Social Icons

Facebook  Twitter  Instagram Yahoo Linkedin

Ads

Popular Posts

Services

Recent Comments

More on this category »

Ads 300 x 250

Ankara Üniversitesi Gölbaşı Yerleşkesi Bahçelievler Mahallesi 319. Sokak Kaymakamlık Arkası 06830 Gölbaşı ANKARA

Recent Comments

About

Pages - Menu

Popular Posts